Protokol Komunikasi Internet : TCP/IP dan Lapisan OSI Explained - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering Solution and Education

Friday 29 September 2023

Protokol Komunikasi Internet : TCP/IP dan Lapisan OSI Explained

Komunikasi antar komputer dan perangkat menjadi sangat penting untuk memungkinkan pertukaran data, informasi dan layanan online yang Anda nikmati sehari-hari. Ada dua konsep yang sangat penting dalam dunia komunikasi komputer, yaitu Protokol Komunikasi Internet TCP/IP dan Model Referensi Lapisan OSI

 

Protokol Komunikasi Internet TCP/IP 

 

Protokol komunikasi internet TCP/IP adalah protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data antar perangkat di jaringan komputer. TCP/IP adalah fondasi dari internet dan memungkinkan berbagai jenis perangkat seperti smartphone, server, komputer dan perankat IoT untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan global. TCP/IP dapat digunakan di berbagai jenis jaringan, mulai dari jaringan lokal (LAN) hingga internet global. TCP/IP terdiri dari dua protokol utama, yaitu :

 

1. TCP (Transmission Control Protocol)

 

TCP adalah protokol yang bertanggung jawab atas pengiriman data yang handal dalam bentuk paket. Protokol ini memastikan bahwa data yang dikirimkan tiba dengan baik dan dalam urutan yang sesuai. Jika terjadi kehilangan atau kerusakan data, TCP akan mencoba mengirimkannya ulang untuk memastikan keandalan komunikasi. 

 

2. IP (Internet Protocol)

 

IP adalah protokol yang mengatur pengiriman data dalam bentuk paket dari satu perangkat ke perangkat lain di jaringan. Protokol ini memiliki alamat yang unik pada setiap perangkat di jaringan yang disebut dengan alamat IP yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP itu sendiri. Data dapat dikirimkan dan diterima oleh perangkat yang sesuai di seluruh dunia dengan alamat IP. 

 

Lapisan OSI

 

Lapisan OSI

Lapisan OSI adalah kerangka kerja konseptual yang digunakan untuk memahami dan menggambarkan cara komunikasi dalam jaringan komputer bekerja. Lapisan OSI terdiri tujuh lapisan yang mewakili fungsi-fungsi yang berbeda dalam komunikasi jaringan. Berikut ini uraian singkat tentang lapisan OSI :

 

1. Application

 

Application layer merupakan prosedur penyambungan komunikasi dari perangkat yang berhubungan langsung dengan pengguna atau penghubung antara perangkat dan sistem komunikasi. 

 

2. Presentation

 

Presentation layer merupakan lapisan yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan data agar bisa digunakan dengan program tertentu. Selain itu, lapisan ini juga bisa digunakan untuk mempresentasikan data agar program tersebut bisa menyerap, mengakses dan menggunakannya. Presentation layer digunakan sebagai penerjemah bahasa komunikasi yang berbeda antara dua perangkat komputer. Presentation layer melakukan enkripsi data dari perangkat sumber kemudian mendeskripsinya pada perangkat penerima. 

 

3. Session          

                    

Session merupakan durasi waktu yang diperlukan untuk berkomunikasi dan bertanggung jawab untuk membuka jaringan dalam durasi waktu yang cukup agar pertukaran data bisa berjalan dengan baik. 

 

4. Transport

 

Lapisan ini digunakan sebagai penanggung jawab kiriman pesan antara dua perangkat. Transport layer mengambil data dari lapisan sebelumnya dan meneruskan ke lapisan berikutnya sekaligus memastikan bahwa data tersampaikan dengan baik. Transport layer bertanggung jawab mengendalikan alur komunikasi antara dua perangkat yang kecepatan internetnya berbeda agar bisa saling mengoptimalkan. Selain itu, lapisan ini juga digunakan untuk memastikan data tersampaikan secara lengkap dan jika gagal meminta kiriman ulang. 

 

5. Network

 

Network berarti jaringan. Network layer bertanggung jawab untuk memberikan jalur sebagai fasilitas bagi proses pertukaran informasi antar dua jaringan berbeda. Network layer tidak dibutuhkan pada komunikasi perangkat di jaringan yang sama. Lapisan ini mencari jalur komunikasi terbaik antarjaringan (routing). Network layer menyalurkan data kiriman dari perangkat sumber dengan cara membaginya dalam paket-paket kecil. Kemudian menyusunnya kembali ketika sudah sampai pada perangkat penerima.  

 

6. Data Link

 

Data link merupakan pemberi jalur komunikasi di dalam jaringan yang sama. Tugas-tugasnya hampir sama dengan network layer dan transport layer, hanya saja internal dalam satu jaringan.

 

7. Physical

 

Physical bertanggung jawab mentransmisikan data dalam bentuk bit stream. Lapisan ini mencakup segala piranti pertukaran informasi yang dimiliki oleh dua perangkat yang melakukannya. Bit stream bisa dikatakan sebagai data digital. Bentuknya tidak kasat mata dan berurutan melalui alur tertentu yang bisa ditransmisikan melalui media fisik.

 

No comments:

Post a Comment